Forkompimda Bahas Penanganan Corona di Banjarnegara Sekolah Libur Mulai Rabu

Forkompimda Bahas Penanganan Corona di Banjarnegara Sekolah Libur Mulai Rabu
March 16, 2020 No Comments Uncategorized admin

BANJARNEGARA – Dalam upaya pencegahan Covid-19, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono memimpin Rapat bersama Forkompimda dan Dinas lengkap di Pringgitan, Senin (16/3/2020). Rapat diikuti oleh anggota Forkompimda Banjarnegara, Wakil Bupati, Sekda, OPD/Dinas, Camat, direktur Rumah Sakit yang ada di Banjarnegara, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Dalam pidato pengantarnya Budhi Sarwono memberikan instruksi terkait pencegahan virus Corona di Banjarnegara antara lain bahwa penyampaian informasi terkait kondisi perkembangan kasus corona di Kabupaten Banjarnegara melalui satu pintu yaitu kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Banjarnegara agar tidak panik dan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan cara menghindari bersalaman dan cuci tangan menggunakan sabun sesering mungkin.

“Kami juga menghimbau agar masyarakat tidak melakukan kegiatan di luar rumah apabila tidak perlu dilakukan, terutama lansia dan balita,” himbaunya.

Lebih lanjut bupati meminta kepada Sekretaris Daerah untuk memastikan seluruh jajarannya, camat, kepala dsasampai dengan tingkat RT dalam waktu maksimal 2 hari, dimulai hari ini untuk mensosialisasikan dan mengedukasi terkait corona an pencegahannya dengan didampingi tenaga kesehatan.

“Kami juga meminta segera melaporkan kepada call centre Dinas Kesehatan dan mengawasi apabila ada warga yang baru bepergian dari luar kota maupun luar negeri. Juga pemantauan kedatanan warga di pintu masuk kabupaten di perbatasan oleh dinas terkait,” ujarnya.

Sekolah Diliburkan Mulai Rabu
Sementara itu menindaklanjuti himbauan gubernur Jawa Tengah, Bupati Banjarnegara memutuskan untuk meliburkan kegiatan sekolah dari PAUD/ TK/ SD/ SMP atau yang sederajat mulai Hari Rabu tanggal 18 Maret sampai dengan 30 Maret 2020.

Kebijakan belajar di rumah tersebut, kata bupati, harus dilakukan pengawasan oleh orang tua dan dinas terkait.

“Jangan sampai diliburkan untuk belajar di rumah malah keluar rumah untuk kegiatan yang tidak semestinya. Jadi saya mohon dinas teknis, camat, lurah, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk melakukan sosialisasi secara cermat untuk menangani hal ini,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinkes Kabupaten Banjarnegara, dr Ahmad Setiawan dalam paparannya banyak memberikan penjelasan teknis dalam pencegahan virus corona, antara lain dengan pola hidup bersih dan sehat serta makanan bergizi.

Dandim 0704 Letkol Inf Dominggus Lopes menyampaikan, bahwa jajarannya sudah punya komitmen untuk menyampaikan setiap informasi penting yang dibutuhkan masyarakat secara proporsional. TNI juga selalu bersinergi dengan menyiagakan prajuritnya untuk gerak cepat pencegahan Corona.

Sedangkan Kapolres Banjarnegara AKBP Iga Perbawa Nugraha mengatakan bahwa jajaran Polres Banjarnegara baru saja menerima telegram berupa arahan dari Kapolri kemudian diteruskan ke Kapolda tentang himbauan untuk seluruh masyarakat antara lain : tugas Polri adalah tetap mengacu pada kebijakan pemerintah di masing-masing daerah. Juga dihimbau agar masyarakat cermat dalam menerima informasi, jangan langsung shrare informasi yang tak jelas sumbernya.

“Kami juga siaga untuk mengecek dan melakukan patroli di tempat-tempat seperti apotek atau toko obat dan lain sejenisnya, jangan sampai nanti orang mencari kesempatan dalam kesempitan, menimbun kemudian membeli dalam jumlah banyak dan menjualnya dengan harga yang mahal,” kata Kapolres.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *