Tiga Pelaku Penipuan Tenaga Kerja Ditangkap Polisi

Tiga Pelaku Penipuan Tenaga Kerja Ditangkap Polisi
March 7, 2020 No Comments Uncategorized admin

Banjarnegara: Jajaran Sat Reskrim Polres Banjarnegara, menangkap tiga orang pelaku penipuan berkedok perekrutan tenaga kerja.

Kapolres Banjarnegara, AKBP IGA Dwi Perbawa Nugraha Jumat (6/3/2020) mengatakan, tiga orang tersangka yakni TH (72) warga Desa Cihanjung Kecamatan Parongpong, Bandung Barat, PR (47) warga Karangjati, Banjarnegara dan AK (46) warga Lengkong, Banjarnegara.

Mereka ditangkap karena menipu setidaknya 154 orang yang bersal dari Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga dan Cilacap, yang dijanjikan bekerja di proyek pembangunan Bandara Soedirman, Purbalingga, dengan membayar sejumlah uang.

“Dari 154 orang korban penipuan tersebut, 110 orang di antaranya merupakan warga Banjarnegara. Mereka dijanjikan akan dipekerjakan di proyek pembangunan Bandara Jendral Soedirman, Purbalingga,”katanya.

Dari kasus tersebut, pihaknya telah memeriksa sebanyak 18 orang sebagai saksi.

“Untuk korban lainnya, tengah ditangani sesuai wilayahnya masing-masing. Kami sudah berkoordinasi dengan Polres tetangga,”  lanjunya.

Menurutnya, kasus tersebut dapat terungkap bermula saat tersangka AK mendatangi korban pelapor pada bulan November 2019 lalu. Saat itu, korban dimintai uang Rp 10 juta. Selain itu, tersangka PR juga mendatangi korban dan meminta uang Rp 3,5 juta. Namun hingga waktu yang cukup lama,   pekerjaan yang dijanjikan tidak menjadi kenyataan.

“Kemudian korban melaporkan hal ini kepada kami. Setelah dilakukan penyelidikan, korban terus bertambah hingga saat ini di Banjarnegara sampai 110 orang. Dan akhirnya kami menetapkan tiga tersangka. Dari uang yang diminta dari korban, kemudian disetorkan kepada TH,” terangnya.

Saat menjalankan aksinya, para tersangka mengatasnamakan dari PT Angkasa Pura. Kepada korban dijanjikan akan digaji setara UMR DKI Jakarta.

“Mereka dijanjikan gaji UMR Jakarta. Sedangkan jenis pekerjaan yang dijanjikan beragam, mulai administrasi petugas gudang, logistik dan lainnya,”  ungkapnya.

Ketiga tersangka, saat ini mendekam di tahanan Mapolres Banjarnegara, dan terancam hukuman empat tahun penjara, karena dijerat pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP. (sb)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *