Baznas Banjarnegara Gelar Pelatihan Usaha Produktif

Baznas Banjarnegara Gelar Pelatihan Usaha Produktif
February 21, 2020 No Comments Uncategorized admin

(BANJARNEGARA) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjarnegara kembali menggelar Pelatihan Usaha Produktif pada tahun anggaran 2020, Selasa (18/02). Kegiatan ini bertempat di Desa Cendana Kecamatan Banjarnegara, dan diikuti oleh sebanyak 100 peserta. Mereka merupakan para mustahik yang berhak menerima bantuan dana Baznas.

Sekretaris Baznas Kabupaten Banjarnegara, Eko Djuniadi, SH, M.Hum mengatakan, jenis pelatihan pada kegiatan kali ini ada 5 macam, yakni UMKM, Perbengkelan, Pertukangan, Peternakan dan Perikanan.

“Perbengkelan lamanya 8 hari, dari tanggal 18 sampai 25 Februari, dan diikuti oleh 8 peserta, Kemudian Pertukangan 3 hari, dari tanggal 18 sampai 20 Februari, diikuti oleh 9 peserta, Kemudian Perikanan 3 hari, dari tanggal 18 sampai 20 Februari, diikuti oleh 9 peserta, Kemudian Peternakan 4 hari, mulai hari ini sampai dengan tanggal 21 Februari, dengan peserta 30 orang” katanya.

Untuk Pelatihan UMKM terbagi menjadi dua tahap, dengan jumlah peserta 42 orang, masing-masing 3 hari, tahap pertama mulai tanggal 18 sampai 20 Februari, dan tahap kedua mulai tanggal 21 sampai 23 Februari.

“Diantara 100 orang ini ada 2 orang peserta yang sudah dilatih oleh Baznas Provinsi Jawa Tengah, yaitu pelatihan cukur rambut, dan saat ini sudah mulai praktek” katanya.

Baznas dan Pemkab Banjarnegara berharap peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan dengan seksama dan sungguh-sungguh, sehingga apa yang telah diperoleh dapat dipraktekan.

“Setelah pelatihan selesai, diharapkan semua peserta agar mempraktekan keterampilan yang diberikan oleh instruktur selama pelatihan” katanya

Dia menjelaskan untuk instruktur pada pelatihan kali ini, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait, yakni Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. Setelah mengikuti pelatihan para peserta juga akan menerima bantuan peralatan usaha sesuai dengan jenis pelatihan yang diikuti, untuk peserta pelatihan peternakan akan menerima bantuan hewan ternak berupa kelinci dan bantuan pembuatan kandang.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo meminta peserta pelatihan agar nantinya tekun dalam menjalankan usaha yang digelutinya, selain itu diharapkan dapat membaca peluang yang ada.

“Saya doakan usahanya lancar dan berkah, setelah usahanya lancar, sisihkan sebagian, minimal 2,5 % disetorkan ke Baznas” katanya.

Sutedjo meminta bantuan peralatan usaha yang telah diterima agar dirawat dan dimanfaatkan sebaik mungkin, kalau sudah tidak melakukan usaha agar tidak menjual peralatan tersebut, lebih baik dihibahkan ke orang lain agar lebih bermanfaat

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *